Selasa, 15 Mei 2018

15 MACAM GENRE PHOTOGRAPHY


Seperti yang dikutip oleh https://www.klikmania.net/15-genre-fotografi-wajib-kamu-ketahui/ ada 15 genre foto yang wajib diketahui ?



1. Human interest photography


Human interest photography merupakan sebuah aliran, atau genre foto yang menggunakan manusia sebagai objek utamanya. Dalam foto human interest sang fotografer akan berusaha untuk mendapatkan momen, dimana seseorang sedang melakukan aktivitas yang mampu memberikan kesan empati bagi siapapun yang melihat karya foto tersebut.





2. Street photography


Hampir mirip dengan  Human interest photography, dalam fotografi street kamu bisa mengambil foto dari aktivitas keseharian seseorang yang terjadi di jalanan, tetapi tidak dituntut untuk menonjolkan kesan empati kepada penikmat foto tersebut.





3. Journalism photography


Jika kamu tertarik dengan menggeluti genre foto jurnalistik, maka kamu harus mampu menciptakan karya foto yang memiliki cerita, atau dapat memaparkan kejadian yang terjadi di dalamnya. Agak berbeda dengan aliran lain dalam fotografi, karena genre ini merupakan bagian dari jurnalistik, maka setiap karya yang kamu ciptakan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Gambar terkait





Gambar terkait



4. Portrait photography


Dalam fotografi portrait kamu dapat menangkap momen baik seseorang maupun kelompok dengan menonjolkan ekspresi wajah mereka. Oleh karena genre fotografi ini lebih menonjolkan ekspresi dan mood seseorang, maka kebanyakan foto semacam ini diambil dengan komposisi close up.




5. Wedding photography


Nah, genre yang satu ini saya yakin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Aliran yang satu ini menjadi favorit para fotografer dikarenakan memiliki bayaran yang cukup mahal untuk tiap sesi pemotretannya, akan tetapi kamu juga harus bisa bertanggung jawab dengan mampu menghasilkan foto yang sebanding dengan bayaranmu ya
Hasil gambar untuk Wedding photography


6. Fashion photography



Fashion memang salah satu kebutuhan sekunder yang paling banyak diminati, khususnya oleh kaum hawa. Tugas seorang fotografer _fashion _di sini yaitu menciptakan karya foto yang memamerkan produk fashion, dengan dibantu oleh model untuk membuatnya semakin menarik dan luar biasa.
Gambar terkait

7. Landscape photography


Jika kamu senang berkunjung ke tempat wisata alam yang indah-indah, maka genre fotografi yang satu ini sangat cocok untuk kamu tekuni. Beruntungnya kita yang hidup di Indonesia yang kaya akan tempat nan indah ini.




8. Sport photography


Dalam pertandingan olahraga, fotografer sport akan bertugas mendokumentasikan pertandingan tersebut. Ada banyak momen yang bisa kamu ciptakan dalam genre yang satu ini, namun kamu sepertinya memerlukan lensa telezoom dan kamera yang cukup cepat untuk mengabadikan momen-momen tersebut.

Hasil gambar untuk Sport photography

Hasil gambar untuk Sport photography


9. Wildlife photography


Fokus utama dari genre yang satu ini adalah mengabadikan momen mengenai aktivitas dan kehidupan satwa di alam liar. Jika kamu ingin menekuni genre ini, sepertinya kamu benar-benar harus memiliki jiwa petualang sejati nih.

Hasil gambar untuk wildlife photography

Gambar terkait


10. Food photography


Foto makanan, hmm. Meskipun kedengarannya mudah, tapi fotografi _food_ bukanlah sekedar memotret makanan yang berada di atas piring lho. Kamu harus mengerti tentang komposisi, pencahayaan, serta sudut pengambilan yang baik untuk mampu menciptakan sebuah karya food photography yang mampu membuat orang tertarik untuk mencicipi makanan tersebut.

Hasil gambar untuk Food photography


11. Still life photography


Fotografi Still life adalah sebuah genre dimana objek yang kamu tangkap, adalah benda mati yang bisa jadi ada di dalam rumah kamu. Tapi tidak hanya sekedar jepret, kamu harus bisa membuat sebuah karya dari benda mati, yang benar-benar artistik, atau terlihat seakan-akan hidup dan bernyawa.
Itulah sebabnya genre fotografi ini cukup sulit, kamu harus mengerti karakteristik dari objek, komposisi, sudut pandang, pencahayaan, serta inspirasi yang lebih untuk dapat menciptakan foto Still life yang luar biasa.
Hasil gambar untuk still life photography

12. Commercial photography


Dalam genre Commercial , kamu akan menciptakan karya foto yang ditujuan untuk kepentingan komersial seperti promosi dan iklan. Jadi, pastikan karya kamu benar-benar membawa kesan positif dan menarik minat banyak orang.

Hasil gambar untuk Commercial photography


13. Underwater photography


Seperti namanya, genre yang satu ini akan membuat kamu lebih sering menyelam untuk mendapatkan objek dan momen menarik yang terjadi di bawah air. Mungkin ekosistem bawah laut, seperti ikan-ikan, dan terumbu karang akan menjadi favorit mereka yang memilih menekuni genre ini.

Hasil gambar untuk Underwater photography

Gambar terkait

14. Fine art photography


Mereka yang menekuni fine art photography, akan fokus menciptkan karya yang memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi, serta karya tersebut memiliki arti yang terkadang sulit untuk dimengerti. Malah terkadang tidak semua penikmat foto mampu menangkap arti yang terkandung dalam sebuah karya foto Fine art.

Gambar terkait

Hasil gambar untuk Fine art photography


15. Macro Photography


Dalam fotografi makro kamu akan lebih fokus untuk menangkap objek yang berukuran kecil, atau bahkan sangat kecil. Lensa yang kamu gunakanpun adalah lensa khusus yang memang dirancang untuk menangkap objek foto yang berukuran kecil, seperti kumbang, belalang, atau bunga.

Hasil gambar untuk Macro Photography

Hasil gambar untuk Macro Photography



~ Semoga Bermanfaat ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

15 MACAM GENRE PHOTOGRAPHY

Seperti yang dikutip oleh https://www.klikmania.net/15-genre-fotografi-wajib-kamu-ketahui / ada 15 genre foto yang wajib diketahui ? ...